Home / Berita Terkini / Beasiswa Unpar untuk Semua Kalangan
Beasiswa Unpar 2016

Beasiswa Unpar untuk Semua Kalangan

Pemuda dituntut untuk memiliki idealisme tinggi serta karakteristik yang baik sebagai penunjang penyelenggaraan pendidikan tinggi. Untuk mencapai idealisme tersebut, pemuda membutuhkan wadah yang dapat mengakomodasi dan mengasah segala keterampilan akademik maupun non-akademik. Dalam hal ini, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) terus berupaya untuk dapat menumbuhkembangkan kemampuan mahasiswa agar dapat turut aktif berperan dalam memajukan Indonesia.

Kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan tinggi setara universitas meningkat setiap tahun. Untuk itu, Unpar sebagai salah satu perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia selalu berupaya untuk dapat merangkul semua kalangan agar dapat menempuh studi di perguruan tinggi.

Setiap tahun, Unpar membantu lebih dari 500 mahasiswa dengan jenis beasiswa yang beragam, mulai dari beasiswa untuk mahasiswa baru, mahasiswa dari daerah tertinggal, beasiswa prestasi akademik, prestasi non-akademik hingga beasiswa program studi magister. Adapun jenis beasiswa bagi daerah tertinggal membebaskan mahasiswa dari biaya hidup dan biaya studi di Unpar.

Kepala Bagian Kesejahteraan Mahasiswa, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) Unpar Herry Purwanto menyatakan bahwa berapapun angka yang dianggarkan untuk pemberian beasiswa Unpar, penyalurannya tetap harus tepat sasaran dan tepat besaran.

Dalam upaya meningkatkan ketersediaan dana beasiswa, Unpar bersama dengan Badan Penggalang Dana Lestari (BPDL) menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan seperti KDB Daewoo Securities, Daya Adicipta Motora, Djarum Foundation, Yayasan Margajaya Sejahtera, Yayasan Toyota Astra, dan Yayasan Salim.

Terbentuk sejak 2002, BPDL yang semula bernama Badan Pengelola Dana Lestari dan Beasiswa bertujuan menghimpun dana sumbangan dari berbagai sumber seperti orangtua mahasiswa, alumni, perusahaan, dan yayasan pemberi beasiswa. Adapun prioritas penyaluran beasiswa diberikan kepada mahasiswa berdasarkan potensi akademik, kondisi finansial, keaktifan di bidang kemahasiswaan di lingkungan kampus, dan organisasi di lingkungan sosial kemasyarakatan.

Tidak hanya terbatas dalam hal pemberian beasiswa, BPDL juga berupaya untuk memperluas jaringan kerjasama dengan instansi swasta agar mahasiswa Unpar dapat memperoleh kemudahan saat masa studi di Unpar, seperti dibukanya kesempatan magang di instansi terkait.

Beasiswa bagi Calon Mahasiswa

Berlandaskan semangat preferential option for the poor yang merupakan salah satu dari tujuh prinsip etis Spiritualitas dan Nilai Dasar Unpar (SINDU), Unpar ingin memberi kesempatan kepada mereka yang membutuhkan pendidikan tetapi tidak mampu secara ekonomi dan sosial. Dalam hal ini, Yayasan Unpar berkomitmen menyediakan dana sebagai beasiswa bagi kaum muda yang belajar di Unpar.

Calon mahasiswa Unpar merupakan salah satu target utama beasiswa. Beasiswa bagi calon mahasiswa adalah beasiswa yang disediakan oleh pihak Yayasan Unpar dan diperuntukkan bagi para calon mahasiswa yang secara potensial akademik akan mampu menyelesaikan studinya tetapi perlu mendapat dukungan finansial.

Dalam pelaksanaannya, beasiswa diberikan dalam bentuk pengurangan kewajiban pembayaran biaya registrasi dan pengembangan. Menurut Kepala BKA Unpar Matheus Setiyanto, salah satu misi diadakannya program beasiswa di Unpar adalah untuk melahirkan insan terbaik bangsa melalui proses pembelajaran yang humanum, integral, dan transformatif.

Sementara sebagai penyedia beasiswa, Unpar tidak semata membantu kondisi finansial keluarga. Dalam hal ini Unpar mewajibkan para penerima beasiswa untuk mengikuti program pendampingan unggulan seperti gladi, seminar, career workshop serta Program Pendidikan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M).

Bekerja sama dengan Lembaga Pengembanagan Humaniora (LPH) Unpar, mahasiswa diajak untuk semakin belajar mengenal, menggali, mengembangkan, dan mengoptimalkan potensi yang dimilikinya. Adapun bentuk-bentuk gladi yang ditawarkan seperti gladi spiritual, kreativitas intelektual, kepribadian, budaya, dan gladi kepemimpinan.

Adapun P3M merupakan program lain LPH yang bertujuan meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap isu sosial kemasyarakatan. Program ini mewadahi mahasiswa Unpar untuk dapat tumbuh dan berkembang sebagai pribadi sekaligus anggota masyarakat.

 

Sumber: Kompas – Griya Ilmu (Selasa, 3 Mei 2016)