Home / Alumni / Batalyon 3 Menwa Unpar Lantik Komandan Baru

Batalyon 3 Menwa Unpar Lantik Komandan Baru

Pada Rabu (21/2), Batalyon III Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahawarman mengadakan upacara serah terima jabatan komandan. Upacara yang diselenggarakan dihadiri oleh Rektor Unpar Mangadar Situmorang Ph.D selaku pembina upacara, juga pimpinan Unpar, perwakilan dari Kepolisian dan TNI, perwakilan Persatuan Mahasiswa, Batalyon Menwa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Bandung, serta pasukan dan alumni anggota Yon III Unpar.

Dalam upacara ini, Fabianus Sebastian Kevin selaku Komandan Yon III Unpar periode 2017-2018 memberikan estafet kepemimpinan kepada Tiffany Gusti Ayu Cantigi. Fany akan memimpin Yon 3 didampingi oleh Wirawan Poetra Soebandi sebagai Wakil Komandan hingga akhir periode tahun 2019. Serah terima jabatan ditandai dengan pemindahan atribut komando pada seragam, penandatanganan sertijab, serta penyerahan tunggul Batalyon III kepada komandan baru, yang didampingi oleh Rektor Unpar.

Melalui amanatnya, Mangadar Situmorang memberikan penghargaan kepada Komandan Yon III Unpar 2017-2018, Kevin, atas jasa dan prestasinya dalam satu tahun jabatan. Salah satunya, adanya peningkatan jumlah anggota Yon III, khususnya anggota baru. Di sisi lain, ia mengucapkan selamat kepada komando baru Yon III. “Keikhlasan dan kesiapan saudara Tiffany dan Wirawan merupakan salah satu jaminan bahwa Yon III Unpar akan terus berlanjut dan semakin berkembang,” tuturnya.

Mangadar mengingatkan bahwa harapan bagi kemajuan batalyon bukan hanya tugas komandan dan wakil komandan semata, melainkan juga dukungan dari semua anggota Yon III sebagai bagian dari tanggung jawab institusional. Hal yang juga penting adalah dukungan dan pendampingan dari para senior serta Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) selaku bagian dari institusi Unpar.

Mengakhiri amanat, ia menitipkan harapan agar Batalyon III harus menjadi yang terdepan dalam menjaga kebhinekaan, khususnya di dalam kampus Unpar. “Yon III harus menjadi contoh, teladan di dalam membangun rasa hormat terhadap keberagaman, toleransi terhadap perbedaan, dukungan setiap perbedaan yang ada,” jelasnya.

Seusai upacara, acara dilanjutkan dengan foto bersama komando baru beserta pasukan Yon III Unpar, serta potong tumpeng sebagai wujud rasa syukur atas pelantikan komando baru. Para tamu undangan juga memberikan ucapan selamat kepada Tiffany dan Wirawan yang akan bertugas. Selamat bertugas komandan baru Yon III Unpar, semoga Batalyon III Unpar sebagai bagian dari Menwa Mahawarman mampu menjadi penggerak kemajuan bagi mahasiswa dan masyarakat.