Home / Berita Utama / Awarding Ceremony Menutup APCYS 2020

Awarding Ceremony Menutup APCYS 2020

The 9th  Asia Pacific Conference of Young Scientists (APCYS) sukses diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas Katolik Parahyangan (FTIS UNPAR) berkolaborasi dengan Center of Young Scientist Indonesia. Konferensi ini bertujuan untuk mempromosikan dan menumbuhkan suasana penelitian ilmiah di kalangan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dari 20 negara kawasan Asia-Pasifik dengan memberikan kesempatan untuk membagikan hasil penelitian mereka. Para siswa harus menyerahkan proyek dalam salah satu kategori yaitu Matematika, Fisika, Ilmu Komputer, Ilmu Lingkungan, dan Ilmu Hayati. 

Kegiatan diadakan dalam serangkaian sesi dimulai dari penampilan budaya dan team leader session pada Sabtu (24/10/2020), teacher sharing session pada Minggu (25/10/2020), dan tentunya Young Scientist Competition and Scientific Poster Competition. Tibalah saatnya acara puncak dari APCYS 2020 yaitu Awarding Ceremony pada Jumat (6/11/2020) dengan dipandu oleh Arifin dan Fira Fatmasiefa dari Indonesia.

Acara dibuka oleh kata sambutan dari Mangadar Situmorang, Ph.D. selaku Rektor Universitas Katolik Parahyangan. Beliau berharap dengan adanya APCYS akan memberikan wadah bagi para siswa/i SMA untuk berdiskusi dan mempresentasikan hasil penelitian mereka di kancah internasional serta mendapat manfaat dari konferensi yang telah dilakukan.

Dr. Julius Dharma Lesmono selaku Ketua Juri APCYS 2020 memberikan apresiasi sebesar-besarnya bagi para pihak yang terlibat dalam APCYS 2020 ini. Terdapat 79 projek beragam yang telah dikumpulkan dan semua datang dari aplikasi kehidupan sehari-hari. Contoh menarik dari bidang Matematika adalah tema proyek yang bermacam-macam mulai dari vaksinasi demam kuning, sistem sodium yang lebih baik menggunakan diagram forony, sampai memprediksi tren Covid-19 menggunakan model matematika. 

Beliau berterima kasih kepada FTIS UNPAR karena sudah menjadi tuan rumah APCYS untuk pertama kalinya secara online, panitia, para juri untuk dukungannya yang terus menerus dalam APCYS 2020, team leader supervisor yang telah membimbing dan mendampingi para siswa terkait dengan proyek mereka, dan yang tidak kalah penting yaitu para siswa itu sendiri. 

Pada kesempatan ini, penyelenggara memberikan penghargaan pada karya ilmiah terbaik dalam lima kategori yang dikompetisikan. Pada masing-masing bidang, diberikan predikat gold, silver dan bronze award, serta special award bagi karya yang terpilih. Selain itu, diberikan pula apresiasi berupa penghargaan bagi poster-poster terbaik dalam setiap kategori.

Monica Raharti selaku Direktur Center of Young Scientist Indonesia dan saat ini juga menjabat sebagai President of APCYS mengucapkan terima kasih kepada para siswa dari berbagai negara di Asia-Pasifik yang telah terlibat dalam konferensi ini. Beliau mengucapkan selamat kepada para partisipan yang telah ikut serta dalam APCYS 2020. (JNS/DAN – Divisi Publikasi)