Home / Berita Terkini / Atalia Ridwan Kamil Persembahkan Trofi “Citarum Unpar Movie Awards”

Atalia Ridwan Kamil Persembahkan Trofi “Citarum Unpar Movie Awards”

Sungai Citarum sempat dijuluki sebagai sungai yang paling kotor dan paling tercemar di dunia. Namun, melalui berbagai kegiatan yang diorganisir dalam program “Citarum Harum,” perlahan citra sungai diperbaiki sehingga kembali menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat.    

Keterlibatan Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) dalam restorasi Sungai Citarum ditunjukkan melalui berbagai aktivitas termasuk pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya dengan menyelenggarakan sayembara “Unpar Movie Awards” bertema Sungai Citarum. Program ini digagas oleh tiga orang Dosen lintas jurusan yaitu Dr. Sukawarsini Djelantik, Dr. Indraswari, dan Dr. Elvy Maria Manurung.    

Melalui sayembara ini, telah terkumpul 65 film pendek yang berasal dari berbagai universitas dan komunitas di Jawa Barat. Film pemenang nantinya akan dipergunakan sebagai sarana mengedukasi, menginformasi, dan menghibur masyarakat terutama yang bertempat tinggal di sekitar Sungai Citarum. Pesan yang disampaikan ialah agar masyarakat, didukung seluruh pemangku kepentingan, dapat bersama-sama mengembalikan fungsi dan merawat kelestarian Sungai Citarum. 

Proses penjurian telah dilakukan pada bulan Agustus, bertempat di kantor Gubernur Jawa Barat (Gedung Sate). Penyerahan trofi bagi para pemenang digelar pada tanggal 30 September 2019 di Kampus FISIP Unpar. Acara ini turut mengundang Prof. Bambang Sugiharto dari Unpar dan Atalia Ridwan Kamil (Istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil) sebagai Juri Tamu. 

Sebagai Ketua Umum “Jawa Barat Bergerak” yang salah satunya memberikan perhatian kepada isu-isu lingkungan, Atalia Ridwan kamil memiliki kepedulian yang sangat tinggi terhadap pencemaran Sungai Citarum. Melalui film diharapkan pesan-pesan yang ingin disampaikan dapat lebih mudah dipahami dan diterima oleh masyarakat. Atalia Ridwan Kamil, yang juga alumnus HI Unpar, mempersembahkan trofi untuk para pemenang. Perhatian yang diberikan oleh Atalia Ridwan Kamil tentu semakin meningkatkan semangat dan motivasi para sineas muda untuk menghasilkan karya-karya yang bermutu. (/DAN)