Home / Berita Terkini / ASEAN for Kids: Mendekatkan Anak-Anak dengan Komunitas ASEAN
Asean For Kids-Komunitas Asean

ASEAN for Kids: Mendekatkan Anak-Anak dengan Komunitas ASEAN

Indonesia menjadi salah satu pendiri ASEAN (Association of Southeast Asian Nation) pada 1967 lalu. Era Komunitas ASEAN (ASEAN Community) yang sudah bergulir sejak awal tahun ini masih menyisakan pekerjaan rumah berat baik bagi pemerintah masing-masing negara maupun warga ASEAN sendiri. Di Indonesia sendiri, meski program ini telah disosialisasikan sejak lama namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahui. Hal ini dikarenakan sosialisasi diberikan hanya di kota-kota besar (itu pun tidak menyeluruh) dan lebih ramai di platform media sosial saja.

Melihat masih kurangnya penyuluhan terkait Era Komunitas ASEAN oleh pemerintah yang kurang menyeluruh dan masih kurangnya edukasi terkait ASEAN itu sendiri, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan mencetuskan inisiatif sebuah program pengabdian masyarakat yang berlandaskan pada latar belakang tersebut. Program “ASEAN for Kids” menjadi program yang baru pertama kali diadakan pada tahun 2016 ini. Terlaksana pada 15 April 2016 lalu, program ini merupakan hasil kerjasama dari Divisi Eksternal HMPSIHI Unpar dan Kelompok Studi Mahasiswa Pengkaji Masalah Internasional (KSMPMI), salah satu organisasi internal HMPSIHI Unpar.

Bertempat di SD Negeri Ciumbuleuit 1, beberapa tenaga pengajar sukarela yang merupakan mahasiswa HI Unpar membagikan ilmu mereka terkait ASEAN. Mengangkat tema “Share for a Better Future ASEAN”, program ini diharapkan dapat memberikan modal dasar sederhana bagi penerus bangsa untuk menunjang keterlibatan Indonesia dalam Komunitas ASEAN yang juga menunjang pengimplementasian Komunitas ASEAN sendiri.

Melalui program ini. HMPSIHI Unpar mencoba mengambil peran dalam mengedukasi anak-anak terkait ASEAN agar mereka dapat lebih mengerti mengenai organisasi regional Asia Tenggara tersebut dan mengetahui Komunitas ASEAN. Selain itu, program ini menjadi bentuk dari pengabdian masyarakat mahasiswa HI Unpar yang diberikan kepada masyarakat di sekitar kampus Unpar dan tentu harapannya dapat berkembang ke level yang lebih luas agar Indonesia tidak tertinggal di era ini.