Home / Berita Terkini / Apresiasi Universitas bagi Warna Kehidupan Kampus
Bendera Universitas Katolik Parahyangan

Apresiasi Universitas bagi Warna Kehidupan Kampus

Banyak orang beranggapan bahwa kampus adalah tempat yang tidak memiliki warna yang beragam. Kegiatan yang terjadi hanyalah semata memenuhi kebutuhan akan ilmu yang bersifat akademis dan formal. Singkatnya, kampus hanya tempat untuk belajar dan berkuliah. Nyatanya, kehidupan di kampus bukan sekadar perkuliahan semata. Kampus tidak lain adalah wadah bagi sebuah masyarakat sosial, tempat dimana orang dari berbagai latar belakang bertemu dan berinteraksi. Kegiatan perkuliahan hanya salah satu di antara berbagai bentuk interaksi tersebut.

Rona kehidupan yang sangat beragam terlihat jelas dalam dinamika sosial di Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Bagi Unpar, mahasiswa memiliki andil besar dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat kokurikuler dan ekstrakurikuler. Keberadaan Persatuan Mahasiswa Unpar, sebagai wadah bagi berbagai kegiatan kemahasiswaan, menjadi penting, terutama dalam aktivitas non-akademis dalam kampus.

Persatuan Mahasiswa (PM) Unpar, yang terdiri dari Lembaga Kepresidenan Mahasiswa (LKM), Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM), serta Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), adalah motor penggerak kegiatan kemahasiswaan di Unpar. Secara rutin dan berkesinambungan, setiap elemen dalam PM Unpar berupaya untuk mengadakan berbagai kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mahasiswa, juga segenap sivitas akademika Unpar.

Warna dalam kehidupan kampus bukan hanya dalam kegiatan kemahasiswaan yang diadakan oleh berbagai elemen PM Unpar. Mahasiswa juga berlomba untuk mengejar prestasi, baik dalam kegiatan ko-kurikuler, maupun ekstrakurikuler. Tidak hanya dalam lingkup lokal maupun nasional, mahasiswa Unpar telah membuktikan kualitas dan kemampuannya, dengan menorehkan prestasi dalam berbagai kegiatan bertaraf internasional.

Tentu saja, bukan hal yang mudah bagi setiap orang untuk mengatur diri, dalam menghadapi tuntutan perkuliahan sekaligus berbagai bentuk kegiatan non-akademis. Terlebih lagi bila kesuksesan yang diperoleh diimbangi oleh prestasi di bidang akademik. Oleh karena itu, Unpar memberikan penghargaan berupa beasiswa bagi mahasiswa yang berkontribusi positif bagi pengembangan dan kemajuan Unpar.

Pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang terlibat dalam kontribusi positif sesuai dengan visi dan misi Yayasan Unpar. Lewat Beasiswa yang digalang oleh Badan Penggalang Dana Lestari (BPDL) Unpar, mahasiswa yang menjadi anggota MPM, Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa, serta Ketua Himpunan dari setiap Program Studi, berkesempatan mendapatkan beasiswa secara administratif, dalam bentuk pengurangan tagihan biaya studi.

Pengurangan kewajiban pembayaran biaya akademik juga berlaku bagi setiap mahasiswa yang memiliki prestasi, sebagai bentuk penugasan dari universitas, minimal pada kompetisi tingkat nasional. Hal ini menjadi wujud apresiasi dari universitas bagi mahasiswa yang mampu menorehkan prestasi, tanpa melupakan kewajiban keilmuannya sebagai seorang mahasiswa, yang ditunjukkan lewat perolehan indeks prestasi yang baik.

Semangat dan kerja keras mahasiswa menunjukkan potensi yang luar biasa yang dimiliki oleh mahasiswa Unpar. Dengan menyalurkan bakat, kemampuan dan keinginan yang kuat, mahasiswa Unpar, baik yang tergabung dalam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan di bawah PM Unpar, maupun yang menorehkan prestasi di kancah nasional dan internasional, membawa dan mengharumkan nama baik Unpar.

Lewat pemberian beasiswa, Unpar menunjukkan penghargaan bagi mahasiswa yang telah menunjukkan potensi terbaiknya, untuk pengembangan positif bagi seluruh masyarakat Unpar, sekaligus sebagai wujud komitmen Unpar sebagai institusi, di mana setiap insan berkembang sebagai manusia yang humanum.