Home / Berita Terkini / Apresiasi Mahasiswa Tingkatkan Daya Saing Bangsa
Mawapres 2016

Apresiasi Mahasiswa Tingkatkan Daya Saing Bangsa

Diperlukan lembaga pendidikan tinggi yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam menghadapi globalisasi.

Peranan mahasiswa sebagai bagian dari sivitas akademika tentu menjadi sangat penting. Merujuk pada Pasal 14 ayat 1 dan 2 Undang-Undang Republik Indonesia (RI) Nomor 12 Tahun 2013 tentang Pendidikan tinggi, diterangkan bahwa mahasiswa dapat mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan dirinya melalui kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler sebagai bagian dari proses pendidikan. Adapun kegiatan-kegiatan tersebut dapat dilaksanakan melalui organisasi kemahasiswaan.

Mengacu pada dasar hukum tersebut, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) telah melaksanakan pemilihan mahasiswa berprestasi sejak tahun 1986. Pemilihan ini diselenggarakan dalam rangka memberikan motivasi berprestasi bagi mahasiswa dan menciptakan budaya akademik perguruan tinggi yang lebih baik. Mulai tahun 2004, Kemenristek Dikti menggunakan istilah pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) yang hingga saat ini diselenggarakan setiap tahun.

Mahasiswa Unpar di Mawapres 2016

Meutia Wulansatiti Nursanto, mahasiswi Program Studi (Prodi) Fisika Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), berhasil meraih peringkat ke-3 dalam pemilihan Mawapres 2016 tingkat Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah IV.

Proses seleksi telah berlangsung pada 29-30 Maret 2016 di Gedung Diklat Kopertis Wilayah IV, Jatinangor, Sumedang. Adapun peserta pemilihan Mawapres adalah mahasiswa aktif pada perguruan tinggi di lingkungan Kemenristek Dikti yang terdaftar di Pangkalan Data Dikti (PD-Dikti).

Dalam memenuhi persyaratan khusus peserta pemilihan Mawapres, Meutia membuat karya tulis ilmiah berjudul “Inovasi dalam Sistem Pendidikan di Indonesia”, sesuai dengan tema Mawapres 2016 yang diusung Kopertis Wilayah IV yaitu “Iptek dan Inovasi untuk Daya Saing Bangsa” yang sejalan dengan visi Kemenristek Dikti.

Sebelumnya, mahasiswi yang duduk di semester VI ini telah meraih peringkat ke-1 dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Unpar yang kemudian membawanya mewakili Unpar dalam pemilihan Mawapres tersebut.

Setelah dinobatkan sebagai peraih peringkat ke-3 Mawapres 2016 tingkat Kopertis Wilayah IV, selanjutnya Muti akan mengikuti pemilihan Mawapres tingkat nasional di Jakarta.

Perjuangan sekian lama dari mulai proses pendaftaran, pembuatan paper, presentasi, dan seleksi akhir yang ketat membuahkan hasil yang memuaskan. Posisi tersebut menjadi modal besar bagi Muti – demikian Meutia akrab disapa – untuk melanjutkan perjuangan di pemilihan Mawapres 2016 tahap berikutnya, yaitu seleksi di tingkat nasional.

Tentu saja, prestasi Muti dalam pemilihan Mawapres 2016 ini sangat membanggakan lingkungan akademisi Unpar, khususnya bagi keluarga Prodi Fisika Unpar. Kegiatan pemilihan ini dinilai telah memberikan dampak positif pada budaya berprestasi Unpar. Apalagi Unpar menyadari bahwa dengan memberikan apresiasi tinggi terhadap prestasi serta karya mahasiswa, dapat meningkatkan kepercayaan diri dan martabat mahasiswa Unpar di tingkat regional, nasional, hingga internasional.

Rencana

Berawal dari informasi serta dukungan dari Ketua Prodi Fisika Unpar, Philips Nicholas Gunawidjaja, Ph.D., Muti tertarik mencoba dan memilih judul yang terinspirasi dari pengalaman belajarnya dengan sistem pendidikan sewaktu sekolah di Australia.

Saat ini, Muti telah menjalin kerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk melakukan penelitian lebih lanjut di bidang fisika. Rencananya, ia dapat bekerja sama dengan beberapa universitas di Eropa serta menjalin kerja sama dengan berbagai institusi penelitian lainnya. Harapan besarnya, Muti ingin dapat bergabung dalam proyek penelitian besar seperti “The Large Hadron Collider” (LHC) – merupakan mesin akselerator partikel terbesar dan terkuat di dunia. [*]

 

Sumber: Kompas – Griya Ilmu (Selasa, 24 Mei 2016)

 

Profil Meutia