Home / Alumni / Alumni Unpar dan IPNI Galang Pengumpulan Buku untuk Nias

Alumni Unpar dan IPNI Galang Pengumpulan Buku untuk Nias

Alumni Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) yang tergabung dalam keanggotaan Ikatan Pemuda Nias Indonesia (IPNI) mengadakan penggalangan buku untuk Kepulauan Nias. Kegiatan ini diadakan atas kerja sama antara IPNI dan Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BKA) Unpar.

Pengumpulan buku telah dimulai sejak Desember 2018 lalu dan periode pengumpulan akan berakhir pada Maret 2019. Kegiatan ini terbuka untuk sivitas akademika Unpar yang ingin berpartipasi dalam penggalangan buku untuk Nias. Penggalangan buku-buku tersebut ditujukan untuk Taman Baca Masyarakat (TBM) Nias. Adapun pelaksanaan pengiriman buku-buku tersebut rencananya akan dilaksanakan pada awal Juli mendatang.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan IPNI sebagai sebuah organisasi kepemudaan yang memiliki visi untuk memajukan Kepulauan Nias. Sejak 2018 lalu, IPNI telah memiliki cabang TBM di Desa Senggregasi, Nias Selatan dan tahun ini IPNI menambah cabangnya di daerah Gide, Kota Nias.

Tujuan kegiatan penggalangan buku itu sendiri yakni untuk menambah referensi bahan bacaan pendidikan tingkat dasar dan  menengah di Nias.

“Esensi dari IPNI itu sendiri untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Pulau Nias karena salah satu hambatan di kita (Pulau Nias) sebagai daerah 3T di Indonesia adalah akses untuk infrastruktur masih sangat minim, khususnya di Desa Senggregasi,” terang Gabriella Koordinator Wilayah IPNI Bandung yang juga alumnus HI Unpar angkatan 2015.

IPNI senantiasa berupaya untuk menyediakan fasilitas taman bacaan bagi siswa/i di Nias. Fasilitas ini diharapkan menjadi penunjang di luar aktivitas sekolah. Dengan begitu, hendaknya, tambah Gabriella, anak-anak tidak diikutsertakan dalam kegiatan penambangan dan penyadapan karet di Nias.

Selain penyediaan TBM di sejumlah cabang di Nias, IPNI juga memiliki program English Club yang diperuntukkan bagi siswa/i di sana. Tenaga pengajar untuk kelas bahasa Inggris sendiri terdiri dari teman-teman volunteer yang ingin turut berpartisipasi dalam program IPNI.

“Kita sebagai pemuda penting untuk bergerak, untuk membangun daerah terpencil,” ungkap Gabriella yang ditemui pada saat serah terima buku dengan BKA Unpar.

Saat ini, alumnus FH Unpar Visensius Manuela S.H. C.L.A  terpilih sebagai Ketua IPNI periode 2018-2021. Rencananya, tim IPNI akan mengadakan peresmian penyerahan buku-buku untuk Nias dengan pihak Rektorat Unpar pada April 2019 mendatang.