Home / Berita Terkini / Alligators Putri Raih Juara 2 Nasional

Alligators Putri Raih Juara 2 Nasional

Tidak sedikit prestasi yang sudah diukir oleh unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Basket Alligators Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), baik itu oleh tim putra maupun putri. pada final Ganesha Basketball Competition yang diselenggarakan Sabtu (8/4) lalu di GOR Padjadjaran, tim Alligators putri berhasil raih juara kedua, sedangkan tim putra raih juara ketiga.

Turnamen basket nasional itu menggunakan sistem semibersih pada babak penyisihan, sehingga menurut Ketua Alligators periode 2016/2017 Juliana Zhang, tim kekurangan waktu permainan apabila melakukan passing dari luar lapangan.

Pada babak penyisihan Alligators Unpar bertanding melawan tiga universitas, salah satunya adalah Universitas Pasundan (Unpas) dan Institut Teknologi Harapan Bangsa (ITHB). Adapun, pada babak semifinal, Alligators Unpar melawan Universitas Telkom. Namun, kalah 16 poin dari ITHB pada babak final.

Menurut Aleng, sapaan Juliana Zhang, melawan seluruh tim pada turnamen cukup sulit karena lawan yang berbeda menciptakan suasana yang juga berbeda.

“Misalnya (bertanding dengan) ITHB, kita sudah sering. Jadi, bisa lebih santai atau lebih nervous. Kalau sudah nervous, untuk kontrol teman-teman tim susah. Kendala tim cewek melawan ITHB kemungkinan besar karena nervous, poinnya jadi tersusul,” ujarnya.

Sebelum mendaftarkan tim pada Ganesha Basketballl Competition, Alligators Unpar selalu rutin berlatih. Bahkan, jadwal latihan rutin pun terbilang cukup padat. Sejak awal semester genap, tim putri berlatih setiap 4-5 kali dalam seminggu dengan durasi latihan 2-3 jam. Aleng mengungkapkan, apabila tidak ada turnamen, komposisi latihan bertumpu pada pembelajaran teknik dalam basket. Sedangkan, apabila ada turnamen, lebih memerhatikan set play atau permainan lapangan dan kerjasama tim.

Kali ini, tim putra dan putri Alligators Unpar sedang bertanding pada Parahyangan Sports Combat (PSC) di Parahyangan Reksa Raga (Pasaga) sejak Senin (17/4) pekan lalu. Aleng mengharapkan Alligators dapat meraih juara di rumah sendiri dan mengukir prestasi untuk Unpar pada final Sabtu (29/4) mendatang.