Home / Alumni / All Out Journalism 2019, Raising Voices: Fostering Freedom of Expression in the Globalization Era

All Out Journalism 2019, Raising Voices: Fostering Freedom of Expression in the Globalization Era

Memasuki era revolusi industri yang baru, teknologi menjadi faktor penting yang menunjang keberlangsungan hidup masyarakat. Era globalisasi memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi dari berbagai sumber. Di sisi lain, media memainkan peran penting sebagai penyampai aspirasi masyarakat dan sebagai penyedia informasi. Namun, banyaknya informasi yang beredar, ditambah rentannya masyarakat dalam menyampaikan aspirasi yang kadang kala tanpa dengan cermat menyaringnya terlebih dahulu, membawa beragam permasalahan terhadap respon kemajuan teknologi pada era globalisasi ini. Contohnya seperti ujaran kebencian, berita palsu, kampanye hitam, dan masih banyak lagi.

Sebagai respon atas semakin pesatnya perkembangan media, Warta Himahi (WH), salah satu organisasi internal dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan (HMPSIHI Unpar) yang berfokus pada bidang media dan jurnalistik melihat bahwa hal tersebut perlu diiringi dengan kebebasan berekspresi di tengah masyarakat, karena kebebasan berekspresi merupakan hak yang dimiliki setiap individu untuk mengemukakan pendapatnya tanpa gangguan dan juga bagi masyarakat untuk dapat menyampaikan informasi tanpa batasan apapun.

Melihat fenomena tersebut, WH menyelenggarakan acara All Out Journalism (OAJ) 2019. Mengangkat tema terkait kebebasan berekspresi dengan topik besar “Raising Voices: Fostering Freedom of Expression in the Globalization Era”, AOJ pada tahun 2019 ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu workshop, talk show, dan perlombaan seperti lomba artikel dan lomba foto esai yang diadakan secara nasional.

Dalam workshop yang dilaksanakan pada Selasa (5/3/2019), tim penyelenggara mengundang Frisca Clarissa (news anchor Kompas TV) dan Barly Juan Fibriadi (sinematografer). Sedangkan talk show dan pengumuman pemenang lomba dilaksanakan pada Rabu (6/3/2019). Sejumlah narasumber talk show AOJ 2019 antara lain, Barly Juan Fibriadi (sinematografer), Pangeran Siahaan (presenter beIN Sports dan Co-Founder asumsi.co), Raymond Simon Kaya (produser eksekutif liputan 6 SCTV), dan Anisha Dasuki (news producer, presenter iNews, dan moderator debat pilpres).

Adapun para pemenang lomba AOJ yakni untuk kategori lomba artikel: Juara 1 Muhammad Arfan Septiawan (universitas Padjajaran), Juara 2 Ahmad Alief Aurum (Universitas Indonesia), dan Juara 3 Selma Kirana Haryadi (Universitas Padjajaran). Sedangkan untuk kategori lomba foto esai: Juara 1 Achram Harviliono (Universitas Katolik Parahyangan), Juara 2 Ranessa Tri Julieta (Universitas Katolik Parahyangan), dan Juara 3 Nugrah Nurrohman (Universitas Padjajaran).