Home / Berita Terkini / Akuntansi Unpar Menjuarai AAC 2017

Akuntansi Unpar Menjuarai AAC 2017

Tim Akuntansi Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) yang diwakili oleh 2 regu berhasil meraih Juara 1 dan 3 dalam ajang Achmad Yani Accounting Competition (AAC) 2017 pada 7-8 Februari lalu. Tim 1 yang terdiri dari Teddy Jonathan, Elvira Natalia Mulyono, dan Stephanie berada di posisi 3; sedangkan tim 2 yang terdiri dari Vania Natasha, Nadia Indah Rosalina, dan Francisca Anna Elizabeth berhasil meraih juara 1 sekaligus memberikan piala bergilir untuk Unpar. Tim 2 berhasil mempertahankan konsistensinya yang sejak babak awal selalu memimpin dalam hal perolehan poin, sementara tim 1 berhasil memperbaiki posisi sehingga dapat menjadi juara 3.

Kompetisi ini diikuti oleh sejumlah universitas yang berlokasi di Bandung dan sekitarnya. Materi yang diujikan dalam kompetisi ini mencakup materi terkait Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan Menengah, Akuntansi Keuangan Lanjutan, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Biaya, Sistem Informasi Akuntansi, Auditing, Perpajakan, Akuntansi Syariah, Akuntansi Pemerintahan serta Akuntansi Umum.

Terdapat 4 babak yang diselenggarakan dalam kompetisi ini, yaitu babak penyisihan, perempat-final, semi-final, dan babak final. Babak penyisihan terdiri dari babak U C 100 berbentuk soal multiple choice dan dikerjakan secara individual serta case study yang dipecahkan dalam sesi tim. Dalam babak perempat-final yang terdiri dari babak fast and furious, tim yang lolos diharuskan untuk mengerjakan soal isian dan soal rebutan sedangkan di babak semi-final (bid and win), para peserta diberikan soal dalam bentuk esai.

Peserta yang berhasil lolos ke babak final harus melewati 4 tahap berikutnya yang meliputi: babak “Maximize Your Knowledge” dimana peserta harus mempresentasikan kasus yang diberikan oleh panitia; babak “Gain or Loss” yang merupakan babak dimana peserta mengerjakan soal yang dibacakan lisan oleh panitia; babak “Shocking Box” dimana peserta memilih box yang berisi soal; dan babak “Race in Minutes” yang menyuguhkan soal rebutan.

Keberhasilan ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa Unpar untuk semakin termotivasi mengharumkan nama baik Unpar dalam kompetisi-kompetisi sejenis, khususnya Program Studi (Prodi) S1 Akuntansi yang dapat selalu mempertahankan eksistensinya sebagai salah satu Prodi Akuntansi terbaik di Indonesia.