Home / Berita Terkini / Aksi Selamatkan Sesama, “Saatnya Tunjukkan Kepedulianmu”

Aksi Selamatkan Sesama, “Saatnya Tunjukkan Kepedulianmu”

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Katolik Parahyangan (LPPM Unpar) kembali mengadakan kegiatan Donor Darah LPPM ke-36 pada Selasa (16/1). Bertempat di Operation Room, Gedung Rektorat Lantai 4 Unpar, kegiatan tersebut berlangsung sejak pukul 08:00-13.00 WIB.

LPPM bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung rutin menyelenggarakan kegiatan donor darah setiap tiga bulan sekali. Kegiatan ini menjadi bagian dari program LPPM dalam bidang pelayanan pengabdian kepada masyarakat. Kali ini, kegiatan tersebut mengambil tema “Aksi selamatkan sesama, saatnya tunjukkan kepedulianmu.”

Salah satu pendonor, Afrilia Margaretta Pasaribu staf Biro Pengembangan Modal Insani (BPMI) mengungkapkan, dengan donor darah badan menjadi sehat. Ia rutin mendonorkan darahnya setiap tiga bulan sekali.

“Rutin ikut donor darah, tiga bulan sekali. Karena ya, pengen aja gitu. Bermanfaat buat orang lain,” kata Afril antusias. “Lebih ngerasa sehat (juga),” imbuhnya.

LPPM Unpar, tutur Afril, sangat memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan donor darah. Tidak hanya sivitas akademika Unpar yang dapat mendonorkan darah, masyarakat sekitar Unpar pun bisa turut serta dalam kegiatan ini.

Ia berharap semoga dengan kegiatan donor darah rutin yang diadakan Unpar, masyarakat di sekitar Unpar serta mahasiswa dan dosen tergerak hatinya untuk turut mendonorkan darahnya.

Pihak LPPM menyatakan, peserta yang mendaftar pada donor darah kali ini sekitar 226 orang. Peserta donor darah dapat mendaftar secara daring atau datang langsung pada saat kegiatan berlangsung.

Bagi peserta yang sudah mendaftar online, tidak perlu lagi mengisi lembar identitas pada formulir pendaftaran sehingga proses pendaftarannya bisa lebih cepat. Ini adalah kali ke delapan sistem tersebut dijalankan, dan ternyata hal ini cukup banyak menarik peserta untuk mendaftar secara daring.

Tidak semua peserta diperbolehkan untuk melakukan donor darah karena masalah kesehatan seperti tensi, maupun HB yang rendah. Adapun, total labu yang berhasil dikumpulkan pada donor darah kali ini yaitu 157 labu.