Home / Berita Terkini / Air – Ekologi Berkelanjutan
Air – Ekologi Berkelanjutan

Air – Ekologi Berkelanjutan

Dengan tajuk utama Air – Ekologi Berkelanjutan, Majalah Parahyangan Edisi 2016 Kuartal III/Juli-September diterbitkan dan mencoba memberikan gambaran terkait interaksi manusia dengan air dan juga berbagai hal lainnya tentang Unpar. Rubrik Utama ditulis oleh Robertus W. Triweko dengan judul Tantangan dalam Pengelolaan Sumber Daya Air di Indonesia, Ferry Sutrisna Wijaya (Asesmen Konservasi Air Tahura Djuanda: Beberapa Tantangan untuk Edukasi Air), Siwi Nugraheni (Dimensi Ekonomi Pemanfaatan dan Pengelolaan Sumber Daya Air), serta P. Krismastono Soediro (Water is Life: Save Water, Save Life).

Selain itu, diangkat pula berbagai kegiatan yang dilakukan civitas academica Unpar, seperti Sosialisasi Pemilahan Sampah & Pengolahan Sampah Organik dan Seminar Nasional Menuju Universitas yang Berkelanjutan, yang merupakan rangkaian Dies Natalis ke-61 Fakultas Ekonomi Unpar, sebagai bentuk upaya mewujudkan Unpar yang berkelanjutan dan peduli lingkungan, Dies Natalis ke-23 Fakultas Teknologi Informasi dan Sains yang terus berupaya mewujudkan fakultas yang unggul, serta Dies Natalis ke-23 Fakultas Teknologi Industri, dengan fokus pada upaya menyinergikan seluruh unsur demi perwujudan The Great Faculty.

Ada pula bedah buku ajar ilmu teknik/teknologi/bioteknologi karya Prof. Dr. Ir. Ign. Suharto, APU, dengan fokus Membangun Kepercayaan menuju Kualitas Center of Excellence Teknologi Tepat Guna Berbasis Kedelai, refleksi pendidikan dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional, Parahyangan Fair 2016, serta peluncuran buku “Catatan dari Kampus” karya Norman Gultom dan Richard Suanturi (keduanya mahasiswa Fakultas Hukum) dan “Hukum Agribisnis dan Agroindustri, karya Prof. Koerniatmanto Soetoprawiro, S.H., M.H.

Rubrik tetap Majalah Parahyangan kali ini mengangkat topik Ibu dan Kehidupan Baru (Stephanus Djunatan – Parahyangan), ‘Metodologi’ Air (Hadrianus Tedjoworo, OSC – Transformatif), Ruang-Ruang Humanum (Tri Rahayu – Integral), serta Aku dan Lingkunganku (Dewiyani Djayaprabha – Humanum).

Artikel Opsi Saham Karyawan: Bonus ataukah Bencana (Erwinna Chendra), Potensi, Pengelolaan, dan Teknologi Pemanfaatan Biomassa serta Listrik Terbarukan untuk Ketahanan Energi Indonesia di Masa Depan (Tedi Hudaya), Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Meutia Wulansatiti, Para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, serta Paulus Sukapto), Komunitas Dermaga Sastra dan tiga srikandi Unpar, Ratna Frida Susanti (Dosen Berprestasi), Dewi ‘Dee’ Lestari dan Kartika Budianti Lestari (alumni Unpar) turut dikupas dalam edisi kali ini.

(Redaksi menerima tulisan, berita, artikel, cerita/kisah, dan berbagai kegiatan terkait civitas academica Unpar maupun dunia pendidikan/sosial. Tajuk utama edisi mendatang: Kesetaraan Gender dalam Dunia Pendidikan)