Home / Berita Terkini / Teknologi Video Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

Teknologi Video Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

Saat ini proses belajar dapat dilakukan lewat berbagai medium, khususnya yang didukung oleh teknologi digital. Apalagi, aplikasi perangkat lunak (software) penunjang semakin mudah didapat, bahkan beberapa tersedia secara bebas dan tanpa biaya. Selain itu, proses belajar menggunakan aplikasi dipermudah dengan banyaknya tutorial dan antarmuka yang makin intuitif.

Salah satu medium belajar yang kini naik daun adalah pembelajaran melalui video. Materi yang disajikan secara tepat menggunakan video dapat membantu pendidik menyampaikan ide dan gagasan kepada peserta didik. Dengan kemampuannya memampatkan informasi dan menyajikan dengan menarik, video mampu menjadi pemantik diskusi dalam kelas.

Berbagai alasan inilah yang mendorong perguruan tinggi, dalam upaya mendorong inovasi pembelajaran, untuk mengaplikasi video dalam kelas perkuliahan. Termasuk di Universitas Katolik Parahyangan (Unpar). Para dosen telah mengaplikasikan penggunaan video baik berdurasi singkat maupun panjang dalam proses pembelajaran di ruang kuliah.

Membuat Materi Sendiri

Tentunya tidak semua materi video yang tersedia secara bebas sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Ada kalanya dibutuhkan video yang sama sekali baru, yang proses produksinya mesti dilakukan oleh tenaga pendidik. Meski sekarang aplikasi editor video telah tersedia secara luas, tetapi penggunanya tetap membutuhkan waktu untuk men

Untuk menyiasati hal tersebut, Unpar mendorong para dosen mempelajari proses pembuatan video pembelajaran. Melalui Pusat Inovasi Pembelajaran (PIP) Unpar, telah diadakan tiga gelombang Pelatihan Pengembangan Sumber Pembelajaran Berbasis Video. Pelatihan ini terbukti mampu menarik minat tenaga pendidik untuk mempelajari proses pembuatan dan penerapan video dalam pembelajaran mahasiswa.

Berita terkait: PIP Unpar Gelar Pelatihan Pembelajaran Berbasis Video

Tentunya, video yang telah dibuat akan lebih berguna bila dapat disebarkan secara luas kepada mahasiswa. Melalui Interactive Digital Learning Environment (IDE) Unpar, dosen dapat mengunggah video hasil karyanya untuk diakses di dalam kalangan akademik Unpar. Lebih jauh, video dapat dikombinasikan dengan media lain seperti presentasi dan materi literatur dalam mendukung mata kuliah tertentu sesuai silabus. Video karya tenaga pendidik juga bisa disebarkan secara luas melalui internet, memanfaatkan berbagai kanal media sosial yang kini tersedia.

Menggunakan metode sederhana seperti animasi whiteboard hingga metode video interaktif, dosen dapat memberikan materi pembelajaran dan mendorong proses diskusi akademik secara mudah dan menarik. Tentunya tidak semua materi sesuai untuk disampaikan melalui video, dan video pembelajaran memiliki keterbatasan tersendiri. Namun dengan teknik yang tepat, media video mampu menjadi alternatif pelengkap kuliah dan meningkatkan kualitas pembelajaran bagi mahasiswa Unpar.