Home / Berita Terkini / 3rd International Statistics Competition for Engineering students (ISCE) Unpar 2018

3rd International Statistics Competition for Engineering students (ISCE) Unpar 2018

Memproses data adalah sebuah kemampuan yang perlu diolah secara mendalam di era modern ini. Kemampuan pemrosesan data tidak hanya tentang perhitungan secara statistika. Seorang yang berperan sebagai pemroses data kerap kali harus mengetahui faktor-faktor dan data semacam apa yang perlu digunakan dalam menemukan jawaban kunci dari sebuah permasalahan.

Hal inilah yang hendak didalami dan ditajamkan oleh Program Studi Sarjana Teknik Industri Universitas Katolik Parahyangan (TI Unpar) melalui ajang International Statistics Competition for Engineering students (ISCE), pada Selasa (6/11) di Aula Pascasarjana Unpar. Kompetisi ini mempertemukan berbagai universitas negeri dan swasta di Indonesia.

“Kompetisi ini adalah yang ke-3 kalinya kita mengadakan. Pesertanya baik negeri maupun swasta, baik yang di Jawa Barat ataupun luar pulau juga terus bertambah,” ungkap Cindy Marika dosen yang mendampingi acara tersebut.

Sebelumnya, semua tim mengikuti babak kualifikasi atau penyisihan. Dari sana, 16 tim yang masing-masing terdiri dari 3 orang mahasiswa tersebut akan diadu kembali dan ditempatkan secara acak hingga babak final.

Alfian, salah satu anggota tim materi menjelaskan tentang bagaimana jenis soal yang harus dipecahkan para peserta. “Misalkan saja ada seorang yang merasa ruangan ini panas, dan ada beberapa data mengenai faktor-faktor yang mungkin berkontribusi pada volatilitas suhu ruangan tersebut. Nah, peserta melalui perhitungan statistik perlu menyebutkan faktor mana saja yang paling dominan dan alasannya secara matematis,” terang Alfian.

“Untuk ragam soal yang akan dipecahkan peserta sebenarnya banyak macam sehingga mungkin bisa ditambahkan bahwa jenis kasus yang saya informasikan tersebut merupakan salah satu kemungkinan penerapan model statistik yang bisa diberikan ke peserta,” imbuhnya.

Dalam kompetisi tersebut, Unpar diwakili oleh 2 tim yang terdiri dari 6 mahasiswa teknik industri. Selain mengolah kemampuan peserta, diharapkan acara ini dapat menjadi ajang untuk memperkenalkan TI Unpar serta menjalin jejaring persahabatan diantara universitas-universitas yang berpartisipasi dalam ISCE 2018.

Tim Three Musketeers  yang beranggotakan mahasiswa dan mahasiswi dari Universitas Bunda Mulia Jakarta menanggapi secara positif acara tersebut dan percaya diri bahwa mereka dapat melakukan yang terbaik. “Menurut kami sangat baik, baik dari struktur acara maupun dari materinya sangat menantang,” ungkap mereka.